Jumat, April 19, 2024
spot_img

Mahasiswa STIKES Kendal Gunakan ”APPES” Sebagai Solusi Atasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKES Kendal melakukan inovasi penerapan permainan tradisional untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak. Inovasi APPES (Apply Traditional Games) gabungan dari 4 permainan tradisional yang sudah sangat jarang dilakukan anak-anak.


Tim terdiri dari 5 mahasiswa Program Studi kesehatan Masyarakat STIKES Kendal yaitu Villa Agung Priyono . Serlina Ira Elisa, Putri Luthfia Kurniawati dan Regina Maya yang mendapat bimbingan dari dosen mereka Mushidah, S.SiT., M.Biomed dan arahan tentang pelaksanaan kegitan dari bidang kemahasiswaan Muhammad Khabib BI.,S.Kep.,Ns.,M.Kep.Sp.Kep anak


“Semakin meningkatnya kemajuan teknologi, anak lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget sehingga akhirnya kecanduan gadget. Kecanduan gadget pada anak dapat menimbulkan masalah pada perkembangan otak anak, meningkatnya masalah perilaku pada anak, dan gangguan pada penglihatan”


“Oleh sebab itu, fokus dari kegiatan ini dapat membantu orangtua untuk melakukan strategi parenting sebagai upaya mencegah kecanduan gadget pada anak dan untuk mengenalkan anak pada jenis permainan tradisional untuk menstimulasi perkembangan anak yang lebih optimal. Serta mengenalkan warisan budaya bangsa”


Pelaksanaan Kegiatan APPES ( Apply Traditional Games) bekerjasama dengan SDN 02 Pegulon Kabupaten Kendal dengan beberapa pertimngan siswa-siswanya kelompok menengah ke atas yang diberikan fasilitas HP orang tuanya serta tersedianya lapangan sekolah yang memungkingkan untuk mempraktikkan 4 permainan tradisional bakiak, engklek, gobak sodor, serta ular naga secara bersama-sama.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

100,000FansSuka
510PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles