Jumat, April 19, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 49 Karang Tempel Berdayakan Masyarakat Melalui Program Kependidikan dan Keagamaan

Wedangjae Kendal – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) kelompok 49 telah menggelar sejumlah program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan dan keagamaan. Dalam upaya tersebut, mereka meluncurkan program bimbingan belajar (bimbel) gratis serta kegiatan pengajaran ngaji bagi anak-anak di Kelurahan Karang Tempel, Semarang.

Kegiatan bimbel gratis tersebut dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat dengan tujuan membantu anak-anak di sekitar Kelurahan Karang Tempel meningkatkan pemahaman mereka dalam pelajaran sekolah. Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 49 menegaskan komitmennya untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekitar.

Selain itu, dalam upaya mempererat keterikatan spiritual masyarakat, mahasiswa KKN tersebut juga menjalankan kegiatan  BTQ setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Kegiatan ini dihadiri oleh anak-anak dari berbagai usia dengan antusiasme tinggi dalam mempelajari ajaran agama Islam.

Lebih lanjut, mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 49 juga berkolaborasi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Rebab Universitas PGRI untuk menyelenggarakan pengajian guna memperingati Isra Miraj. Acara ini dihadiri oleh warga sekitar Kelurahan Karang Tempel dan sekitarnya. Dalam pengajian tersebut, disampaikan berbagai materi tentang makna dan hikmah dari peristiwa Isra Mi’raj dalam agama Islam.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari kegiatan keagamaan, kelompok mahasiswa ini juga menyelenggarakan acara kultum yang membahas pentingnya menjaga kualitas solat. Dalam kultum tersebut, mereka mengajak masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui kedisiplinan dalam menjalankan ibadah.

Sebagai acara penutup yang sarat makna kebersamaan, seluruh warga yang hadir, termasuk mahasiswa KKN dan warga sekitar, berbagi makanan bersama. Makanan tersebut telah dibawa dari rumah masing-masing sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian antar sesama. Acara ini menjadi momentum yang mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat Kelurahan Karang Tempel.

Dengan serangkaian kegiatan yang bervariasi dan bernilai positif ini, mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 49 berhasil memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat sekitar, baik dari segi pendidikan maupun spiritual. Semangat mereka dalam berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat patut diapresiasi dan dijadikan contoh bagi mahasiswa lainnya untuk turut serta dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

100,000FansSuka
510PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles