Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Mahasiswa FKM Undip Sampaikan Gagasan Program Pendidikan Kesehatan di Sekolah Islam Al Madina Semarang

Wedangjae Kendal. Semarang – Sebanyak dua belas mahasiswa dari Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro melaksanakan kunjungan ke Sekolah Islam Al Madina Semarang. Kegiatan kunjungan ini dilakukan dalam rangka need assessment serta penyampaian gagasan terkait program pendidikan kesehatan yang dibutuhkan oleh siswa SD dan SMP di Sekolah Islam Al Madina Semarang.

Sebanyak dua belas mahasiswa FKM Undip tersebut terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan melaksanakan sosialisasi dan intervensi ke siswa SD terkait materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya aktivitas fisik serta konsumsi buah dan sayur sehari-hari. Sedangkan kelompok kedua akan melaksanakan sosialisasi dan intervensi ke siswa SMP terkait materi kesehatan reproduksi pada remaja.

“Kami berharap, program edukasi yang kami rancang ini dapat bermanfaat bagi siswa SD dan SMP di Sekolah Islam Al Madina Semarang. Untuk sasaran siswa SD, kami akan menyampaikan materi yang tujuannya adalah memperkenalkan dan membudayakan PHBS, pentingnya beraktivitas fisik bagi anak dan membiasakan mengonsumsi buah serta sayur. Dimana target jangka panjangnya adalah dapat mengurangi risiko non communicable disease di masyarakat. Sedangkan untuk Siswa SMP, akan dipaparkan materi kesehatan reproduksi yang bertujuan agar mereka dapat memahami proses reproduksi, menstruasi dan perubahan hormonal yang dialami. Selain itu juga agar para remaja memahami risiko penyebaran penyakit menular seksual dan mencegah terjadinya kekerasan seksual,” kata Mahasiswa Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Dani Satria di SD Islam Al Madina, Jalan Menoreh Utara IX No.57, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/11/2023).

Pada kunjungannya tersebut, mahasiswa FKM Undip tersebut juga berbincang dengan Kepala Sekolah SD Islam Al Madina Semarang, Alek Budi Santoso, S.Pd.I, M.Pd. Dari pihak Sekolah Islam Al Madina Semarang sangat menyambut baik kedatangan mahasiswa FKM tersebut dan mempersilakan mahasiswa FKM Undip untuk melakukan edukasi materi kesehatan kepada para siswa. Seperti diketahui, kunjungan mahasiswa FKM Undip di sekolah ini terkait dengan project dari mata kuliah “Pendidikan Kesehatan Masyarakat Institusi” pada semester dua.

Kami berharap kolaborasi dan kerja sama ini dapat terus terjalin. Sehingga, program pendidikan kesehatan yang sudah kami rancang dapat terus berkelanjutan dan di masa depan dapat diimplementasikan pada skala yang lebih luas,” pungkas Dani.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

100,000FansSuka
420PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles