Kamis, April 18, 2024
spot_img

5 Makanan Khas Kendal Jawa Tengah

Beberapa makanan khas Kendal yang bisa kamu coba antara lain adalah:

  1. Momoh, yaitu makanan yang terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah, kelapa parut, dan daun pandan. Momoh ini memiliki bentuk bulat dan biasanya dimakan dengan kuah santan yang manis.
  2. Sate bumbon, yaitu sate yang menggunakan daging sapi yang dimarinasi dengan bumbu halus seperti bawang putih, jahe, kemiri, dan rempah-rempah lainnya. Sate ini dipanggang tanpa kecap dan disajikan dengan saus kacang yang ditumbuk kasar dan kecap manis.
  3. Pecel kembang turi, yaitu pecel yang menggunakan bunga turi sebagai salah satu sayurannya. Bunga turi ini memiliki rasa yang agak pahit, tapi cocok dipadukan dengan sambal kacang yang pedas dan gurih. Pecel ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, tempe goreng, dan kerupuk.
  4. Brongkos, yaitu semacam gulai daging sapi yang dimasak dengan santan, kacang tolo, dan bumbu rempah seperti ketumbar, jinten, kunyit, jahe, dan lain-lain. Brongkos ini memiliki warna cokelat dan rasa yang gurih serta harum. Brongkos biasanya disantap dengan nasi putih atau lontong.
  5. Bandeng bakar lumpur, yaitu bandeng yang dibakar setelah dibungkus dengan lumpur. Bandeng ini dibakar di atas bara api hingga lumpurnya mengeras dan retak. Setelah itu, bandeng dibersihkan dari lumpur dan disajikan dengan sambal terasi atau sambal matah. Bandeng bakar lumpur ini memiliki daging yang empuk dan tidak berduri.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

100,000FansSuka
510PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles