Kamis, April 18, 2024
spot_img

3 Fakta Tentang Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sejarah dan budaya yang menarik. Berikut adalah beberapa informasi tentang sejarah Kabupaten Kendal:

1. Kabupaten Kendal berdiri pada tanggal 28 Juli 1605, ketika Sultan Agung Hanyakrakusuma dari Kerajaan Mataram Islam mengangkat Joko Bahu sebagai Bupati Kendal pertama dengan gelar Tumenggung Bahurekso1. Tumenggung Bahurekso adalah seorang abdi dalem yang rajin dan mencintai sesama manusia. Ia berhasil membangun Kendal menjadi daerah yang maju dan sejahtera.

2. Nama Kendal berasal dari nama Pohon Kendal yang tumbuh di daerah itu sejak masa Kerajaan Demak. Pohon Kendal ini pernah menjadi saksi bisu adu kesaktian antara Sunan Katong, salah satu penyebar agama Islam, dengan Empu Pakuwojo, seorang petinggi kabupaten bawahan Majapahit. Sunan Katong menang dan Pakuwojo masuk Islam2.

3. Kabupaten Kendal juga dikenal sebagai Kota Santri karena terdapat ribuan pondok pesantren terutama di Kecamatan Kaliwungu. Salah satu pondok pesantren tertua di Kendal adalah Pondok Pesantren Al-Anwar yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada tahun 1919. Pondok pesantren ini menjadi pusat pendidikan agama Islam dan kebudayaan Jawa.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

100,000FansSuka
510PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles