Jumat, Oktober 18, 2024
spot_img

Pramuka SMA IT Nur Hidayah Selenggarakan Jelajah Keraton Solo-jogja

wedangajeakendal.com – Pramuka SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo selenggarakan kegiatan Jelajah Keraton Solo-Jogja pada Kamis-Jum’at (3-4/10/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Dewan Ambalan (DA), Komando Satuan Pramuka (KOSTRADA) dan anggota Pramuka SMA IT Nur Hidayah.

Hari pertama, para peserta melakukan penjelajahan menuju Keraton Kartasura, Keraton Pajang, Pura Mangkunegaran, dan Masjid Agung Surakarta. Pada hari kedua, mereka mengunjungi Masjid Kauman dan Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Sebanyak 114 peserta memulai dengan berjalan kaki dari sekolah menuju Keraton Kartasura. Singgah di masjid Hastana, yang merupakan peninggalan Keraton Kartasura, untuk melaksanakan sholat dhuha. Selesai dari Keraton Kartasura mereka melanjutkan perjalanan ke Keraton Pajang. Di tempat ini, para peserta mendapat materi sejarah Mataram Islam yang disampaikan oleh Ustadz Kastoto. Selain mendapat materi, para peserta juga mendapat tugas yang mendorong peserta untuk memahami nilai-nilai disiplin, tanggung jawab, dan peduli sesama. Setelah dari Keraton Pajang, para peserta melanjutkan perjalanan menuju Pura Mangkunegaran dengan transportasi umum.

Dipandu oleh tour guide, mereka terlihat antusias saat berkeliling di Pura Mangkunegaran. Dari Pura Mangkunegaran, para peserta melanjutkan kunjungan ke Masjid Agung Surakarta. Disana mereka mendapat materi yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Kasori Mujahid, M.Ag., Ketua Umum Yayasan Nur Hidayah Surakarta, tentang sejarah kejayaan Islam di bumi Mataram.

Hari kedua para peserta melakukan kunjungan di Masjid Kauman dan Keraton Yogyakarta dengan menggunakan trasnportasi KRL untuk menuju Yogyakarta. Salah satu siswi yang berasal dari Papua, Fathiya Khaira Arfita, kelas X8, mengaku senang bisa mengikuti kegiatan ini.“Karena berasal dari luar Jawa, jadi bisa lebih tahu tentang kebudayaan Jawa dan peradaban Islam disini. Juga keraton-keraton yang ada disini, seperti Keraton pajang, Mangkunegaran dan sebagainya,” ujarnya.

[HUMAS]

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

100,000FansSuka
700PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Artikel Terbaru